86 للمرائي

ياعلي ؛ للمرائي ثلاث علامات : يتم ركوعه وسجوده مع الناس وينقصه إذا صلى وحده وينشط للمرء الذي ينثي عليه ويذكر الله في الخلا والملا.

Terjemahan Hadits:

"Wahai Ali, orang yang riya’ memiliki tiga tanda: (1) ia menyempurnakan rukuk dan sujudnya ketika bersama orang lain, (2) namun ia menguranginya ketika shalat sendirian, dan (3) ia bersemangat dalam beramal di hadapan orang yang memujinya dan menyebut nama Allah baik ketika sendirian maupun di hadapan orang banyak."

Penjelasan Hadits:

Hadits ini menjelaskan tentang sifat dan tanda-tanda orang yang melakukan riya’. Riya’ adalah melakukan ibadah atau amal perbuatan dengan tujuan untuk dilihat atau dipuji oleh orang lain, bukan ikhlas karena Allah SWT. Dalam hadits ini, Nabi Muhammad SAW menjelaskan tiga tanda orang yang riya’:

1.    Menyempurnakan Rukuk dan Sujud Ketika Bersama Orang Lain:

o    Orang yang riya’ akan berusaha terlihat sempurna dalam ibadahnya ketika berada di hadapan orang lain. Ia ingin menampilkan dirinya sebagai orang yang khusyuk dan taat, tetapi tujuannya bukan karena keikhlasan, melainkan agar dipuji oleh orang-orang di sekitarnya.

2.    Mengurangi Rukuk dan Sujud Ketika Shalat Sendirian:

o    Ketika ia shalat sendirian, tanpa ada orang lain yang melihat, ia tidak lagi menyempurnakan rukuk dan sujudnya. Ini menunjukkan bahwa motivasi ibadahnya bukan karena keikhlasan kepada Allah, melainkan hanya untuk mendapatkan pujian dari manusia.

3.    Bersemangat dalam Beramal di Hadapan Orang yang Memujinya:

o    Orang yang riya’ akan sangat bersemangat melakukan ibadah atau amal di hadapan orang-orang yang memuji dan menghargainya. Ini menunjukkan bahwa dorongan utamanya adalah penghargaan dari manusia, bukan keridhaan Allah.

 

الرياء هو إظهار العبادة أو العمل الصالح أمام الناس بنية الحصول على مدحهم أو رضاهم، وليس طلبًا لرضا الله تعالى وحده.

شرح الرياء:

1.    النية الخفية:

o        الرياء هو عندما يكون الهدف الأساسي من العمل الصالح هو الحصول على الثناء أو الإعجاب من الناس بدلاً من التقرب إلى الله. الشخص الذي يرائي قد يؤدي الصلاة أو يتصدق أو يقوم بأي عمل خير أمام الآخرين بنية أن يُشاهد ويُمدح.

2.    الآثار السلبية:

o        الرياء يُضعف الإيمان ويقلل من قيمة العمل الصالح في نظر الله. لأنه يتعارض مع الإخلاص، الذي هو شرط أساسي لقبول العبادة والأعمال الصالحة.

o        الرياء يمكن أن يؤدي إلى النفاق، وهو من أخطر الأمراض القلبية، حيث يظهر الشخص بصورة مختلفة عن حقيقته الباطنة.

3.    الأدلة من القرآن والسنة:

o        قال الله تعالى في القرآن الكريم: "فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ. الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ. الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ" (سورة الماعون: 4-6). هذه الآيات تُحذر من خطر الرياء في الصلاة.

o        وفي الحديث القدسي، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "قال الله: أنا أغنى الشركاء عن الشرك، من عمل عملا أشرك معي فيه غيري تركته وشركه" (رواه مسلم). أي أن الله لا يقبل العمل الذي فيه رياء.

كيفية التخلص من الرياء:

1.    الإخلاص لله:

o        يجب تجديد النية دائماً وجعل الهدف من جميع الأعمال الصالحة هو رضا الله تعالى فقط، وليس لكسب رضا الناس أو مدحهم.

2.    التواضع:

o        التواضع هو عكس الرياء. عندما يقوم الشخص بالعمل الصالح بعيدًا عن أعين الناس وبدون البحث عن الثناء، فإنه يحمي نفسه من الرياء.

3.    الاستغفار والدعاء:

o        يُنصح بالاستغفار والتضرع إلى الله لتطهير القلب من الرياء. الدعاء لله أن يرزقنا الإخلاص في القول والعمل هو من أهم الوسائل لتجنب الرياء.

4.    الإكثار من الأعمال الخفية:

o        القيام بالأعمال الصالحة في السر بعيدًا عن أعين الناس يساعد على تعزيز الإخلاص ويقلل من خطر الرياء.

خاتمة:

الرياء من الأمراض الخطيرة التي يجب على المسلم أن يجاهد نفسه للتخلص منها. الإخلاص لله وحده هو الطريق إلى قبول الأعمال والنجاة من هذا الداء الروحي الخطير.

 

Hakikatnya orang yang riya itu telah beribadah kepada selain Allah makanya disebut syirik Khafi atau syirik Asghar.

Orang yang riya itu mengikuti hawa nafsunya dan selalu mencari perhatian makhluk.

لِلْمُرَائِي ثَلَاثُ عَلَامَاتٍ : يَكْسَـلُ إذَا كَانَ وَحْدَهُ، وَيَنْشَـطُ إذَا كَانَ فِي النَّاسِ، وَيَزِيدُ فِي الْعَمَلِ إذَا أُثْنِيَ عَلَيْهِ وَيَنْقُصُ إذَا ذُمَّ

Orang riya’ (pamer) memiliki tiga ciri: malas ketika sendirian, rajin saat di tengah banyak orang, serta amalnya meningkat kala dipuji dan menurun kala dicaci. [Sayyidina Ali ibn Abi Thalib, dikutip dari Ihyâ’ ‘Ulûmiddîn karya Imam al-Ghazali]

Jika kita ingin tahu ada sifat riya di dalam diri kita maka hendaknya perhatian tiga tanda tersebut. Apakah ada tidak di dalam diri kita?.


Riya merupakan salah satu dosa yang besar. Orang yang riya disamping berdosa, ibadahnya tidak diterima oleh Allah Swt. Dan hukumnya fardhu ain bagi tiap tiap orang untuk menghilangkan sifat riya di dalam dirinya.

Orang tidak akan bisa menghilangkan sifat riya kalau ia tidak tahu sebab riya tersebut. Maka cara untuk menghilangkan riya itu menurut imam alghazali kita harus mengetahui sebabnya dan sebabnya karena 3 hal :

الإمام أبو حامد الغزالي، في كتابه "إحياء علوم الدين"، تناول موضوع الرياء بشكل عميق وبيّن أسبابه والعوامل التي تؤدي إليه. وفقًا للغزالي، هناك عدة أسباب رئيسية للرياء، ومنها:

1. حب المدح والثناء:

  • أحد الأسباب الرئيسية للرياء هو رغبة الإنسان في الحصول على الثناء والمديح من الآخرين. الإنسان بطبيعته يميل إلى أن يكون موضع إعجاب، وهذه الرغبة قد تدفعه إلى إظهار أعماله الصالحة أمام الناس ليحظى بإعجابهم.

Kelompok ini senang di puji

Dia ibadah supaya di puji orang ahli ibadah

Dia menuntut ilmu supaya di bilang rajin

Dia bangun malam supaya di bilang ahli tahajud

2. الخوف من ذم الناس:

  • أحيانًا يكون الرياء مدفوعًا بالخوف من انتقاد أو لوم الناس. قد يقوم الشخص بعمل صالح أمام الآخرين حتى لا يُتهم بالتقصير أو يُنظَر إليه نظرة سلبية.

Kelompok ini tidak mengharapkan pujian tapi takut dicela

Takut dicela akhirnya ia mengaji, beramal dan berbuat baik

3. الطمع في ما عند الناس:

  • الرياء قد يكون نابعًا من رغبة الإنسان في الحصول على منفعة دنيوية، مثل المال أو الجاه أو المناصب. فقد يرائي الإنسان ليحقق مصلحة معينة من الآخرين.

Tamak atau kepingin apa yang ada di manusia.

Misalnya saya ibadah supaya jadi perhatian si fulan, sehingga si fulan meminjami aku sesuatu atau saya diberangkatkan umroh

 

4. الحسد والغيرة:

  • قد يرائي الإنسان بدافع الحسد والغيرة من الآخرين. عندما يرى الشخص نجاح الآخرين أو مدحهم، قد يحاول أن يظهر بمظهر المتدين أو الصالح ليحقق نفس المكانة أو ليحط من شأن الآخرين.

5. العُجب بالنفس:

  • العجب هو الشعور بالرضا الزائد عن النفس والتفاخر بالأعمال الصالحة. هذا الشعور يمكن أن يقود الإنسان إلى الرياء، حيث يُظهر أعماله الصالحة ليؤكد على جدارته وأفضليته أمام الناس.

6. ضعف الإيمان:

  • الرياء غالبًا ما يكون نتيجة ضعف الإيمان بالله وقلة اليقين بأن الله هو الرقيب على الأعمال وأن الثواب والعقاب منه وحده. عندما يضعف الإيمان، يسعى الإنسان إلى إرضاء الناس أكثر من سعيه لإرضاء الله.

7. الجهل بمخاطر الرياء:

  • الجهل بحقيقة الرياء وخطورته على الإيمان والأعمال الصالحة هو سبب آخر. قد لا يدرك الإنسان تمامًا كيف يؤدي الرياء إلى بطلان الأعمال أو قد يقلل من شأنه، مما يجعله عرضة للوقوع في هذا الفخ.

نصيحة الغزالي للتغلب على الرياء:

  • الغزالي يوصي بالعمل على تقوية الإيمان وزيادة الإخلاص لله، وذلك من خلال التأمل في القرآن والسنة، وكثرة الذكر، والاستغفار، والتفكر في عظمة الله وحقارته أمامه. كما ينصح بالقيام بأعمال الخير في السر بعيدًا عن أعين الناس، وتربية النفس على التواضع وعدم السعي وراء مدح الآخرين.

Riya ini sifatnya dadakan, tidak permanen ada di dalam diri kita, kadang kadang datang ketika kita ibadah.

Obatnya riya itu 2 :

1.   Ilmu (mengenai bahasa riya dan keutamaan ikhlas)

2.   Praktik (menyembunyikan amal)

Ibadah sendirian keuntungannya selamat dari riya dan kerugiannya tidak bisa di jadikan contoh. Maka lihat diri sendiri.


الإمام الغزالي تناول علاج الرياء بشكل دقيق في كتابه "إحياء علوم الدين". وقد أوضح أن علاج الرياء يتطلب خطوات متعددة تهدف إلى تطهير القلب من هذا الداء وتحقيق الإخلاص لله تعالى. إليك بعض هذه العلاجات وفقًا للغزالي:

1. معرفة خطورة الرياء:

  • أول خطوة لعلاج الرياء هي إدراك خطورته على الإيمان والعمل. الغزالي يؤكد على ضرورة التأمل في الآيات القرآنية والأحاديث النبوية التي تحذر من الرياء، مثل قوله تعالى: "فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ، الَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ، الَّذِينَ هُمْ يُرَاءُونَ" (سورة الماعون: 4-6)، وقول النبي صلى الله عليه وسلم: "أَخْوَفُ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمُ الشِّرْكُ الْأَصْغَرُ" فسئل عنه، فقال: "الرِّيَاءُ".
  • Merenungkan ayat dan hadits tentang ikhlas. Misalnya orang riya nanti di panggil di akhirat dengan "Ya munafiq" " Ya ghadir" Wahai penipu.

Maka nanti di akhirat di balas oleh Allah dengan di olok olok Allah, [di prank]. Contoh ia di antar ke surga, tau2 pintu surganya di tutup oleh Allah. Karena ia ketika di dunia seperti itu juga kepada Allah

2. تقوية الإيمان بالله واليوم الآخر:

3. إخفاء الأعمال الصالحة:

4. المجاهدة النفسية:

5. التواضع:

6. الدعاء والاستغفار:

7. الصحبة الصالحة:

8. الإكثار من الأعمال الباطنة:


حصن العمل ثلاثة اشياء

اولها ان يرى ان العمل من الله تعالى ليكسر به العجب

الثاني ان يريد به رضا الله ليكسر به الهوىٰ

والثالث ان يبتغي ثواب العمل من الله تعالى لا الطمع والرياء

Terjemahan:

"Benteng bagi sebuah amal terdiri dari tiga hal:

  • Pertama, bahwa ia melihat amal tersebut berasal dari Allah Ta'ala agar ia dapat menghancurkan keangkuhan.
  • Kedua, bahwa ia menginginkan ridha Allah dengan amal itu agar ia dapat menghancurkan hawa nafsu.
  • Ketiga, bahwa ia mengharapkan pahala dari amal tersebut dari Allah Ta'ala, bukan karena tamak atau riya'."

Penjelasan:

Kalimat ini mengandung tiga prinsip utama yang menjaga amal seseorang agar tetap ikhlas dan diterima oleh Allah. Prinsip-prinsip ini adalah:

1.    Mengakui bahwa amal berasal dari Allah untuk menghancurkan keangkuhan:

o    Seseorang harus menyadari bahwa setiap amal baik yang dilakukannya bukan semata-mata karena kemampuan atau kehendaknya sendiri, melainkan karena taufik dan hidayah dari Allah. Dengan pemahaman ini, ia akan terhindar dari rasa ujub (bangga diri) yang bisa merusak amalnya.

o    Contoh: Ketika seseorang berhasil bersedekah dalam jumlah besar, ia harus menyadari bahwa kemampuan untuk bersedekah itu adalah karunia dari Allah, sehingga ia tidak merasa sombong atau menganggap dirinya lebih baik dari orang lain.

2.    Mengharapkan ridha Allah untuk menghancurkan hawa nafsu:

o    Tujuan dari setiap amal haruslah mencari ridha Allah. Dengan demikian, amal tersebut akan terbebas dari dorongan hawa nafsu, seperti keinginan untuk dipuji atau mendapatkan keuntungan duniawi.

o    Contoh: Seorang guru yang mengajar dengan niat untuk menyebarkan ilmu demi mendapatkan ridha Allah, bukan untuk mendapatkan pujian atau penghargaan dari murid-muridnya.

3.    Mengharapkan pahala dari Allah untuk menghindari tamak dan riya':

o    Amal yang dilakukan harus bertujuan mendapatkan pahala dari Allah, bukan karena ingin mendapatkan pujian atau keuntungan materi. Ini menjaga amal dari sifat tamak dan riya' (pamer).

o    Contoh: Seseorang yang berpuasa di bulan Ramadan, tidak semata-mata karena ingin dipuji sebagai orang yang taat, tetapi karena mengharapkan pahala dan keridhaan dari Allah.

Kesimpulan: Ketiga prinsip ini mengarahkan kita untuk selalu mengaitkan segala amal kebaikan dengan Allah, menjaga niat kita agar tetap ikhlas, dan menjauhkan diri dari sifat-sifat yang dapat merusak amal, seperti ujub, hawa nafsu, tamak, dan riya'. Dengan mempraktikkan prinsip-prinsip ini, amal kita akan menjadi lebih murni dan berpeluang besar diterima oleh Allah.

 

Khusyu Itu Menempatkan Sesuatu Pada Kiblatnya.

Kiblat Mata Ketempat Sujud. Kiblat Badan Ke Ka’bah, Kiblat Akal Kepada Makna, Kiblat Qolbu Kepada Allah.

Jadi Ketika Sholat Jangan Memikirkan Banyak Hal. Mulailah Dari Qolbu, Mengingat Allah, Maka Itu Awal Dari Khsuyu.

Bagaimana Cara Memulai Khusu’ Maka Belajarlah Cara/ Teknik Zikir Qolbu. MAKA INI CARA CEPAT UNTUK KHUSYU.

KALAU ORANG TARIKAT DIAM, MAKA QOLBUNYA SUDAH PUNYA MAKANAN.

KENAPA KITA TIDAK KHUSU’ KARENA QOLBU KITA TIDAK BIASA MENYEBUT NAMA ALLAH.

Ayat ini berasal dari Surah Ar-Ra'd, ayat 28, dan berbunyi:

"أَلاَ بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ"

Terjemahan: "Ketahuilah, dengan mengingat Allah hati menjadi tenang."

KALAU OBJEK DI DAHULUKAN BERARTI OBJEK ITU PENTING DAN DITAMBAH TERJEMAHANNYA DENGAN KATA HANYA. KARENA ASLINYA

تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ بِذِكْرِ اللَّهِ "

JADI ZIKIR YANG MEMBUAT HATI BAHAGIA.

ORANG YANG KASMARAN ATAU BARU NIKAH SENANG IA TAPI BELUM TENTU BAHAGIA. KARENA BAHAGIA QOLBU DENGAN MENYEBUT NAMA ALLAH.

QOLBU TIDAK BAHAGIA DENGAN PAKAIAN PECI, SARUNG, TAPI PAKAIAN QOLBU ITU ADALAH ZIKIR.

NABI ADALAH MANUSIA YANG PALING TENANG, KARENA SETIAP NAFASNYA TERKONEKSI KEPADA ALLAH SWT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

80 Tanda Orang Dermawan

75 Tanda Orang Berakal